Ponari Dukun Cilik Beranjak Remaja, Pasiennya Bisa Dihitung Jari

3:41 PM
Ponari Dukun Cilik Beranjak Remaja, Pasiennya Bisa Dihitung Jari
Nama Ponari diabadikan menjadi nama gang di dekat rumahnya.


JOMBANG - Ponari, dukun cilik beken asal Dusun Kedungsari, Desa Balungsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur, kini beranjak remaja. Seiring meredupnya kesaktian yang dimiliki, pasiennya kini bisa dihitung jari.

Nama Ponari, dukun cilik dengan batu ajaibnya tetap beken di mata warga Jombang. Terbukti, saat Sindonews bertanya ke warga alamat rumah Ponari, mereka langsung ngeh.

"Terus saja. Ikuti jalan raya ini. Nanti ada pertigaan belok kiri. Lalu ada Gang Ponari, sampeyan susuri jalan paving. Paling pojok itu rumah Ponari," ujar seorang warga.

Padahal, jarak rumah Ponari cukup jauh. Ada sekitar tiga kilometer. "Siapa yang tidak kenal Ponari," tambahnya.

Warga tadi tak salah. Untuk mengenang 'kesaktian' Ponari, warga pun mengabadikan nama Ponari di gang kampung mereka dengan nama Gang Ponari. Bahkan, jalan paving di dusun mereka dikumpulkan dari hasil sumbangan warga yang berobat ke Ponari. Renovasi masjid setempat juga hasil infak pasien Ponari.

"Semua itu hasil kerja keras dari Ponari," kata Santi, warga setempat.

Pendeknya, berkah kesaktian Ponari juga dirasakan warga setempat. Bu As, warga setempat yang saat itu hanya menjual minuman kemasan air putih meraih untung Rp200 ribu per hari. Padahal, ada puluhan bahkan ratusan warga yang mendadak menjadi pedagang.

Mereka menjual rupa-rupa. Mulai makanan, minuman, bahkan menyewakan rumah untuk pasien yang harus menunggu giliran diobati Ponari.

Belum lagi ratusan tukang parkir yang membuka puluhan lapak untuk jasa penitipan sepeda motor dan mobil keluarga pasien.

"Pokoknya, banyak yang ketiban rezeki dari keterkenalan Ponari," tambah Santi.




source: Sindonews

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

- Dilarang komentar dengan menggunakan live link
- Bebas asal sopan.

EmoticonEmoticon