Ini Alasan Pemudik Ogah Gunakan Bus untuk Pulang Kampung

11:02 PM
Ini Alasan Pemudik Ogah Gunakan Bus untuk Pulang Kampung
 
 
 
JAKARTA - Ada beberapa faktor yang menyebabkan minat masyarakat menggunakan bus menjadi menurun sebagai alat transportasi mudik. Seperti sudah banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, murahnya tiket kereta, hingga kurangnya keselamatan, dan terintegrasi angkutan perkotaan di sejumlah terminal.

Pengamat transportasi dari Universitas Trisakti Nirwono Jogo meyakini, bila pemerintah tidak menyikapi hal ini, bukan tidak mungkin di tahun ke depan, perusahaan autobus (PO) akan gulung tikar.

"Ini yang jadi masalah, pemerintah baik pusat, provinsi, maupun daerah harus melakukan koordinasi dalam waktu dekat. Terminal harus diberikan rasa aman hingga biaya murah dan terjaminnya keselamatan agar transportasi ini tetap ada," ujar Nirwono di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Untuk menghadapi gencaran dari sesama transportasi darat, dia meminta, Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk merangkul semua manajamen PO yang ada.

Kecanggihan sistem informasi dan komunikasi dalam tahun ke tahun dapat disikapi dengan membuat sebuah sistem berbasis online agar penumpang dapat membeli tiket bus dengan mudah. Hanya dengan menunjukan bukti pembayaran saat naik bus, Nirwono yakin dapat membuat bus dapat disetarakan dengan kereta dalam hal kecangihan pelayanan.

Selain itu, demi menjamin keselamatan akan penumpang, tindakan tegas kepada pemerintah haruslah dibutuhkan, ia ingin pemerintah tidak lagi mengancam kepada PO yang nakal.

"Harus ada tindakan seperti mencabut trayek maupun izin pengusaha yang menjalankan bus berbahaya dan menindak tegas pengemudi yang ugal-ugalan," tuturnya.
 
 
 
 
 
Sumber: Sindonews.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

- Dilarang komentar dengan menggunakan live link
- Bebas asal sopan.

EmoticonEmoticon