Sebelum Memakai Nama Indonesia, Negara Kita Pernah Memakai 5 Nama Ini

11:32 AM
Sebelum Memakai Nama Indonesia, Negara Kita Pernah Memakai 5 Nama Ini
Indonesia.

INDONESIA - Sejarah nama Indonesia bermula pada tahun 1869 oleh seorang cendekiawan Inggris bernama James Richardson Logan.

Waktu itu Ia tengah membuat buku yang berjudul “Journal Of The Indian Archipelago and Eastern Asia” dan bingung dengan penyebutan Indonesia yang waktu itu belum mempunyai nama resmi.

Nama Indonesia datang dari kata “Indo” serta “Nesie” (bahasa Yunani) yang berarti kepulauan Hindia. Tetapi nyatanya nama ini tidak demikian popular sehingga tabu di kelompok kolonial dulu.

Mereka lalu mengubah Indonesia dengan beberapa nama di bawah ini. Apa sajakah namanya, ini dia penjelasannya:

1.  Hindia

Nama Hindia untuk Indonesia popular usai kesuksesan Vasco da Gamma, seseorang pelaut Portugis tiba di kepulauan Indonesia pada tahun 1498 Masehi.Tetapi penyebutan Hindia sendiri telah berlaku sejak saat keemasan Herodotus, pakar pengetahuan histori berkebangsaan Yunani atau yang di kenal juga sebagai Ayah Pengetahuan Histori.


2. Nederlandsch-Indie atau Hindia Belanda
Sesudah Belanda berkuasa di tanah air, nama Hindia mulai diberi tambahan dengan embel-embel Belanda di belakangnya. Nederlandsch-Indie atau Hindia Belanda adalah nama yang didapatkan dari pimpinan Belanda Cornelis de Houtman pada tahun 1596.

3. Insulinde

Indonesia sempat juga dijuluki Insulinde yang berarti Pulau di Hindia. Nama ini didapatkan dari Eduard Douwes Dekker atau yang mempunyai nama samaran Multatuli pada tahun 1860. Ia adalah pegawai pemerintah yang kecewa akan kesewenang-wenangan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

4. Nusantara

Nama Indonesia yang lain yaitu Nusantara. Ini bersumber dari naskah dalam perpustakaan India Kuno yang ditujukan untuk menamai Indonesia.

5. The Malay Archipelago

Nama ini di ciptakan oleh Alfred Russel Wallace di tahun 1869, setelah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 s/d 1682. Mengenai "Malay" berarti Melayu, "Archipel" yang datang dari bahasa Yunani "Archipelagus" (dari asal Archi = memerintah : plagus = laut). Jadi bermakna kuasai laut atau bermakna himpunan pulau-pulau Melayu.




Sumber: MajalahBerita

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

- Dilarang komentar dengan menggunakan live link
- Bebas asal sopan.

EmoticonEmoticon